"Welcome to My Blog"

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 30 Desember 2010

Jalan Menuju Surga

SURGA???? Siapa sih yang tidak tahu?? Siapa juga yang tidak ingin menjadi penghuni surga tersebut. Pasti semua ingin menjadi salah satu penghuni tempat yang indah itu.
Hem,..Sesungguhnya jika diperhatikan hadits-hadits Rasulullah saw bahwa banyak amalan sederhana yang jika dilakukan akan mengantarkan kita menjadi ahlul jannah, di antaranya adalah:
Ø Menghormati kedua orangtua, tidak menentang orang tua. Tyel;ah dikatakan bahwa ridho Alloh tergantung ridho dari orangtua.
Ø Melaksanakan shalat subuh dan ashar. Dari Abu Musa Al-Asy’ari ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang shalat dua waktu dingin (subuh dan ashar), maka ia akan masuk surga (HR. Bukhari).
Ø Tauhidkan Allah dan melaksanakan ibadah fardhu. Dari Abu Hurairah r.a. bahwa seorang Badui datang menemui Rasulullah saw. lalu berkata, “Wahai Rasulullah, tunjukkan padaku satu amalan yang jika aku laksanakan dapat mengantarkanku ke dalam surga?” Beliau menjawab, “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya terhadap apapun, melaksanakan shalat fardhu, membayar zakat yang wajib serta melaksanakan puasa di bulan ramadhan.” (HR. Bukhari)
Ø Bersyukur apabila mendapat nikmat
Banyak manusia yang lupa akan karunia Alloh. Terkadang mereka tidak sadar jika nikmat yang mereka dapatkan adalah pemberian dari Alloh SWT. Untuk itu kita perlu bersyukur ketika kita mendapat nikmat.
Ø Mentaati Rasulullah saw. Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Semua umatku akan masuk surga, kecuali yang enggan.” Sahabat bertanya, “Siapa yang enggan, wahai Rasulullah saw.?” Beliau menjawab, “Barangsiapa yang mentaatiku masuk surga, dan siapa yang maksiat terhadapku (tidak mentaatiku) maka ia adalah yang enggan.” (HR. Bukhari)
Ø Sabar apabila mendapat kesulitan
Sesungguhnya Alloh SWT tidak pernah memberikan masalah kepada umat-Nya jika mereka tidak dapat menyelesaikan masalahnya.
Nah jika jika mendapat kesulitan, kita jangan semata- mata menyalahkan Alloh, menganggapNya tidak Adil. Justru dari kesulitan kita akan mendapatkan pahala jika kita menghadapinya dengan penuh kesabaran.
Ø Beramal sosial. Kita sebagai makhluk sosial hendaknya mau untuk beramal. Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Siapakah di antara kalian yang berpuasa hari ini?” Abu Bakar menjawab, “Saya, wahai Rasulullah saw.” Kemudian beliau berkata, “Siapakah di antara kalian yang hari ini mengiringi jenazah?” Abu Bakar menjawab, “Saya, wahai Rasulullah saw.” Kemudian beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang telah memberikan makan pada orang miskin hari ini?” Abu Bakar menjawab, “Saya, wahai Rasulullah saw.” Kemudian beliau bertanya lagi, “Siapakah di antara kalian yang hari ini telah menjenguk saudaranya yang sakit?” Abu Bakar menjawab, “Saya, wahai Rasulullah saw.” Lalu Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah semua hal di atas terkumpul dalam diri seseorang, melainkan ia akan masuk ke dalam surga.” (HR. Muslim)
Dari hal- hal di atas apakah kelakuan, sikap, tindakan kita sudah mencerminkan hal- hal tersebut? Apakan kita juga termasuk menjadi penghuni surga????? Itu tergantung diri masing- masing. . .

Tidak ada komentar: